Jumat, Oktober 11, 2024
BerandaPengabdian MasyarakatPelatihan Penggunaan Aplikasi Penyimpanan Arsip Digital Di Bumdes Desa Duwet Kecamatan Tumpang...

Pelatihan Penggunaan Aplikasi Penyimpanan Arsip Digital Di Bumdes Desa Duwet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang

Desa Duwet, sebuah desa yang terletak di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Lokasi desa yang cukup dekat dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengakibatkan desa ini memiliki kontur tanah berbukit, dengan ketinggian 700-1500 meter diatas laut, membuat suasana di desa cukup sejuk. Namun, daerah lereng menyimpan potensi bencana alam yang cukup besar, seperti bencana longsor. Ditambah lagi karena masuk sangat dekat dengan pegunungan semeru yang beberapa bulan lalu sempat erupsi dan banyak menimbulkan kerugian, baik secara moril maupun materiil. salah satu kerugian yang dialami oleh warga yang terdampak bencana biasanya adalah kehilangan dokumen pribadi dan keluarga yang penting seperti ijazah, akte lahir, KTP, dan surat surat berharga lainnya. Digitalisasi arsip dapat menjadi sebuah langkah preventif dalam menyelamatkan arsip.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Polinema melalui program PPM Reguler Polinema melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengelolaan arsip konvensional menjadi arsip digital dengan memanfaatkan teknologi. kegiatan ini diikuti oleh 13 peserta yang merupakan perwakilan perwakilan warga dengan latarbelakang pekerjaanseperti coordinator umkm, pemuda desa (pemdes), pelajar, guru TK, serta ibu rumah tangga. Pelatihan dilaksanakan selama 1 hari agar para peserta benar-benar bisa memahami dan menggunakan aplikasi pengelolaan arsip digital. peserta juga mendapatkan buku saku penggunaan aplikasi yang nantinya bisa digunakan oleh warga lainnya sebagai panduan dalam menggunakan aplikasi. diharapkan kegiatan ini dapat membantu warga dalam menerapkan penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari dalam aspek pengamanan asset pribadi ataupun keluarga.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN JAWABAN

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments