Jumat, Oktober 11, 2024
BerandaPengabdian MasyarakatTIM PPM POLINEMA MELAKUKAN PELATIHAN PENGEMBANGAN KONTEN DIGITAL MENGGUNAKAN ALAT DESAIN BERBASIS WEB...

TIM PPM POLINEMA MELAKUKAN PELATIHAN PENGEMBANGAN KONTEN DIGITAL MENGGUNAKAN ALAT DESAIN BERBASIS WEB BAGI IBU PKK RW 07, KELURAHAN PURWODADI, KECAMATAN BLIMBING, KOTA MALANG, JAWA TIMUR

Media sosial merupakan salah satu jenis sistem informasi yang dapat membantu proses operasional sebuah entitas bisnis. Konten yang menarik di media sosial memiliki beberapa keuntungan, khususnya bagi bisnis besar maupun perorangan. Konten digital adalah konten dalam berbagai format, seperti teks atau tulisan, gambar, video, audio, atau kombinasinya, yang dikonversi menjadi kode oleh mesin pembaca dan dapat dibaca, ditampilkan, atau diputar oleh mesin digital atau komputer, serta dengan mudah dikirim atau dibagikan melalui media digital. Beberapa keuntungan konten digital termasuk peningkatan lalu lintas ke situs web pemilik, peningkatan penjualan, dan kemampuan untuk mengurangi biaya promosi tradisional.

Berdasarkan latar belakang di atas TIM PKM Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi (Prodi) D4 Teknik Informatika (D4 TI), Politeknik Negeri Malang melaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) pada 4 September 2022. Lokasi kegiatan di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang berupa Pelatihan Pengembangan Konten Digital Menggunakan Alat Desain Berbasis Web bagi Ibu PKK RW 07.

Ketua Tim Pelaksana PPM adalah Arie Rachmad Syulistyo, S.Kom., M.Kom. menjelaskan, program pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari penerima hibah internal DIPA P2M Polinema yang diberikan kepada tim pelaksana PPM untuk pengabdian masyarakat. Dalam kegiatan ini ketua tim PPM dibantu 5 orang dosen dan 4 orang mahasiswa. Adapun dosen tersebut adalah:

  1. Septian Enggar Sukmana S.Pd., M.T.,
  2. Dr. Eng. Cahya Rahmad S.T., M.Kom,
  3. Ariadi Retno Tri Hayati R., S.Kom., M.Kom.,
  4. Devi Zettyara S.ST., M.T.,
  5. Anugrah Nur Rahmanto S.Sn, M.Ds.

“Secara umum kegiatan PKM ini terdiri dari 4 kegiatan yaitu observasi, penyusunan materi, pelaksanaan pelatihan dan pendampingan. TIM PKM berusaha memberikan pelatihan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta”, Ujarnya.

Alasan memilih Kelompok PKK RW 07, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing karena menurut observasi pada kelompok PKK tersebut saat ini masih sedikit yang menggunakan konten digital yang menarik peserta. Oleh karena itu tim PKM berinisiatif menawarkan pelatihan pembuatan konten digital yang berbasiswa web sehingga harapannya dapat dengan mudah digunakan oleh ibu-ibu PKK. Tujuan utamanya adalah agar pengumuman yang diberikan digroup lebih menarik dan dapat menarik minat anggota group untuk membaca pengumuman tersebut. Efek lainnya konten digital yang menarik dapat digunakan oleh Ibu-ibu PKK untuk memasarkan dagangan yang mereka jual dengan gambar-gambar yang lebih menarik.

 “Dalam program pelatihan ini kita bekerjasama dengan Kelompok PKK RW 07 Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Peserta pelatihan terdiri dari 20 (dua puluh) orang peserta dimana mereka adalah Ibu-ibu yang menjadi pengurus di RW 07,” ujarnya.

Arie menjelaskan, dari hasil pelatihan dapat dilihat para peserta faham dan dapat membuat konten digital. Hal ini diperkuat dengan hasil survei yang diberikan kepada para peserta dan screenshot pada kelompok PKK RW 07 sudah menggunakan konten digital yang menarik untuk memberikan informasi dimedia sosial.

Dirinya dan Tim berharap dengan pelatihan ini dapat membantu program pada Kelompok PKK RW 07 dengan lebih banyak peserta yang berpartisipasi. Dan efek lainnya dapat membantu Ibu-ibu untuk meningkatkan perekonomian dengan meningkatnya penjualan karena tampilan dagangan yang lebih menarik. (Arie)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN JAWABAN

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments