Jumat, Oktober 11, 2024
BerandaTak BerkategoriPemberdayaan Santri Mandiri melalui Workshop Pembuatan Produk Unggulan di PP Raudhatul Madinah Kota...

Pemberdayaan Santri Mandiri melalui Workshop Pembuatan Produk Unggulan di PP Raudhatul Madinah Kota Batu oleh Jurusan Teknik Kimia Polinema

Melalui program Pengabdian Masyarakat, Tim Jurusan Teknik Kimia Polinema mencoba untuk melaksanakan riset dan mengembangkan inovasi, serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat. Pada hari Sabtu 3 September 2022, Tim Jurusan Teknik Kimia memberikan Workshop pembuatan produk unggulan kepada para santri PP Entrepreneur Raudhatul Madinah Kota Batu. Terdapat 4 topik workshop yang diberikan kepada para santri. Topik tersebut adalah Pembuatan Handsanitizer Gel (Koordinator Dr. Ir. Dwina Moentamaria, M.T), Pembuatan Deodorant Herbal (Koordiantor Ir. Achmad Chumaidi, M.T), Pembuatan Pupuk Bokashi (Koordinator Dr. Drs. Arif Rahman Hakim, M.Si) dan Pembuatan Yogurt (Koordinator Rosita Dwi Chrisnandari, S.Si, M.Si). Dalam pelaksanaan workshop ini Tim yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia berinteraksi secara langsung memberikan pelatihan dengan cara hands on practice kepada para peserta. Dengan harapan peserta tidak hanya paham secara teori tetapi juga memiliki pengalaman untuk membuat secara langsung sehingga kedepannya para santri yang terbilang masih usia dini bisa secara mandiri mengembangkan produk-produk tersebut dalam kegiatan entrepreneurship yang masuk dalam kurikulum pondok pesantren.

Sementara itu, Pengelola Pondok Raudhatul Madinah, Drs. M. Zainullah Anwar, M.Si menjelaskan dengan memberikan pengetahuan cara pembuatan produk tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk anak didiknya terlebih diusia mereka yang masih dini. Supaya jiwa enterpreneur dan kreativitas semakin berkembang dan termotivasi untuk lebih maju. 

Kegiatan pelatihan ini diterima dengan positif oleh Pimpinan Pondok, Drs. M. Zainullah Anwar, M.Si. Selain para santri para pengurus Pondok juga turut serta dalam pelatihan yang diberikan. Peserta dengan aktif dan antusias mengikuti acara ini sampai selesai. Drs. M. Zainullah Anwar, M.Si selaku pimpinan pondok menyampaikan terimakasih dan mengharapkan kerjasama yang berkelanjutan untuk pengembangan program lainnya bersama Jurusan Teknik Kimia Polinema.

Sedangkan menurut Ibu Rosita Dwi Crisnandari S.SI, M.Si, produk-produk ini dipilih karena popularitasnya yang sangat bisa diterima oleh masyarakat sebagai produk konsumsi yang menyehatkan. Hal ini sejalan dengan visi PP Raudhatul Madinah untuk memberikan bekal kemampuan entrepreneur kepada para santrinya. Sehingga diharapkan para santri PP Raudhatul Madinah nantinya akan siap menjadi pelopor entreprenuership ketika sudah terjun dimasyarkat.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN JAWABAN

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments