Jumat, Oktober 11, 2024
BerandaTak BerkategoriBimbingan Teknis dan Bantuan Pemasangan Keramik Teras Yayasan Nurul Hikmah, Rebalas

Bimbingan Teknis dan Bantuan Pemasangan Keramik Teras Yayasan Nurul Hikmah, Rebalas

Yayasan Nurul Hikmah di Dusun Krajan, Rebalas, Grati, Kabupaten Pasuruan. Yayasan ini menaungi dua lembaga pendidikan, yaitu RA Nurul Hikmah dan TPQ Nurul Hikmah. Kedua lembaga yang dinaungi tersebut memiliki aktifitas belajar yang cukup padat sehingga memerlukan area belajar tambahan. Salah satu area yang memungkinkan digunakan untuk tempat belajar tambahan adalah teras. Namun, kondisi teras saat itu belum dikeramik, kotor, dan tidak nyaman untuk belajar. Rif’atul Khusniah, S.Si., M.Si. bersama tim dari Jurusan Teknik Sipil telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Yayasan Nurul Hikmah. Kegiatan tersebut berupa bimbingan teknis dan bantuan pemasangan keramik teras.

Gambar 1. Kondisi Awal Teras Yayasan Nurul Hikmah

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk membuat ruang belajar tambahan di teras. Area ini tidak hanya akan digunakan sebagai tempat belajar outdoor namun juga untuk acara warga sekitar yayasan seperti Maulid Nabi dll. Ruang belajar tambahan tersebut dengan memanfaatkan area teras. Kegiatan diawali dengan kunjungan tim ke yayasan untuk menyampaikan maksud dan tujuan. Setelah menemui ketua Yayasan Nurul Hikmah maka diperoleh analisis kebutuhan, perencanaan proyek, dan pemilihan supplier.

Gambar 2. Penyampaian Tujuan PPM dan Bimbingan Teknis

Sebelum pemasangan keramik, dilakukan kegiatan bimbingan teknis pemasangan keramik dan K3 kepada pengelola Yayasan Nurul Hikmah. Hal ini bertujuan untuk menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan pengelola yayasan. Adanya bimbingan tentang teknik pemasagnan keramik diharapkan hasil pekerjaan dapat lebih baik, teliti, dan awet. Selain itu, bimbingan ini juga bertujuan untuk melatih kemandirian dan kepedulian masyarakat di sekitar yayasan untuk melakukan perawatan secara berkala. Pengetahunan K3 disampaikan untuk mencegah dan mengatasi risiko kecelakaan yang akan terjadi saat proses pemasangan keramik teras di Yayasan Nurul Hikmah.

Gambar 3. Proses Pemasangan Keramik

Pemasangan keramik telah selesai dilaksanakan. Ruang belajar outdoor pun telah dimanfaatkan oleh yaasan. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini tidak berhenti sampai di sini, namun akan dilakukan pengecekan dan perawatan secara berkala. Rangkaian kegiatan diakhiri dengan peresmian dan serah terima.

Gambar 4. Peresmian dan Serah Terima

Gambar 5.Pemanfaat Ruang Belajar untuk Kegiatan Maulid Nabi

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN JAWABAN

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments