Jumat, Oktober 11, 2024
BerandaPengabdian MasyarakatTIM DOSEN MESIN POLINEMA LAKUKAN PERBAIKAN ALAT PEMASAK DAN K3 BAGI UKM...

TIM DOSEN MESIN POLINEMA LAKUKAN PERBAIKAN ALAT PEMASAK DAN K3 BAGI UKM MITRA AYAM BAHAGIA  MALANG

Malang – Dosen POLINEMA melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat  melalaui program PIM pada kelompok mitra usaha bisnis masakan aneka varian ayam geprek dan sejenisnya di Kelurahan Bandung Rejosari Kecamatan Sukun Kota Malang. Tim Dosen diketuai  oleh  Hari Rarindo dan para anggota tim yang terdiri dari Etik Puspitasari, Satworo Adiwidodo ,Hangga Wicaksono, Hilmi Iman Firmamansyah, dan Wirawan.

Kendala yang dialami oleh kelompok usaha kecil makanan ayam geprek bahagia di Kota Malang ini  menurut Hari Rarindo sebagai ketua TIM dengan para anggotanya  perlunya meningkatkan efisiensi produk diantaranya hambatan dan kegagalan produk dalam bidang proses pemasakan dan keselamatan kerja (K3) terutama dengan memanfaatkan sarana teknologi yang efisien, dalam suasana kondisi Pandemi Covid-19 saat ini dari kelompok usaha kecil berupaya bagaimana untuk dapat bertahan agar produksi jalan terus, walaupun untung sedikit, bahkan impaspun mereka terima agar dapat tetap mempertahankan jaringan pasar yang sudah terbentuk untuk perlu usaha perbaikan produksi makanan varian ayam dengan unggulan ayam geprek.

Dapur sebelum perbaikan alat pemasak

Mitra memiliki beberapa kendala serius terutama bagaimana cara pengolahan atau pemasakan yang tepat, oleh karena itu untuk menghindari kegagalan bagi usaha industri skala home industri makan ayam geprek ini maka dalam program PPM ini lakukan perbaikan bidang penerapan teknologi pemasakan dan keselamatan kerja untuk itu diperlukan strategi yang baik yang dapat memberikan nilai tambah bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) mitra tersebut, antara lain:

  1. Perlu diperbaiki dan ditingkatkan manejemen produksi terutama alat pemasakan dan administrasi keuangan
  2. Proses produksi penggorengan ayam perlu dilakukan dengan bersih dan higines
  3. Sarana teknologi alat berupa sentuhan Ipteks yang memadahi saat ini dengan pencegahan alat kebakaran sebagai tindak lanjut dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Setelah dilakukan perbaikan oleh tim Dosen Polinema dan dapat dievaluasi hasil nya seperti pada gambar di bawah sebelum dan sesudah diperbaikan pada alat pemasak tersebut menghasilkan beberapa varian masakan ayam geprek dan sejenisnya.

Dapur setelah dilakukan perbaikan alat pemasak

Realisasi pekerjaan program PIM pada masakan ayam bahagia di Kelurahan Bandung Rejosari Kecamatan Sukun kota Malang dalam rangka meningkatkan kepuasan konsumen tidak lepas dari pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh pemilik rumah makan dalam hal ini Bapak M. Imam Sazali selaku pemilik usaha tersebut. Kunci utama usaha Ayam Bahagia di Kelurahan Bandung Rejosari Kecamatan Sukun Kota Malang untuk memenangkan persaingan di dunia bisnis adalah memberikan nilai dan kepuasan kepada konsumen melalui pencapaian produk  yang berkualitas dengan harga yang bersaing. (Hari Rarindo, Agustus 2022)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments