Jumat, Oktober 11, 2024
BerandaPengabdian MasyarakatPEMASANGAN LAMPU PENERANGAN PANEL SURYA DI LINGKUNGAN MASJID BAITUL UMMAH RW 4...

PEMASANGAN LAMPU PENERANGAN PANEL SURYA DI LINGKUNGAN MASJID BAITUL UMMAH RW 4 KEL. BAKALAN KRAJAN KEC. SUKUN KOTA MALANG

Area parkir masjid Baitul Ummah malam hari setelah dipasang lampu penerangan panel surya

Masjid Baitul Ummah berada di RW 4 kelurahan Bakalan Krajan kecamatan Sukun kota Malang. Masjid ini berdiri diatas lahan seluas 435m2, luas bangunan masjid lantai 1 adalah 215.35m2, luas bangunan tempat wudlu adalah 25,2m2, sedangkan luas taman dan area parkir adalah kurang lebih 194,45m2. Sumber energi listrik utamanya untuk penerangan masjid Baitul Ummah RW. 4 Kelurahan Bakalan Krajan Kecamatan Sukun Kota Malang berasal dari PLN. Penerangan yang sudah terpasang hanya dibangunan utama dan tempat wudlu serta kantor pengelola masjid saja, sedangkan lingkungan masjid dalam hal ini area parkir dan jalan pintu masuk belum terpasang penerangan dan masih dalam keadaan gelap.

Berdasarkan kondisi lingkungan diatas maka tim pengabdian masyarakat POLINEMA melalui program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) mengadakan pemasangan lampu panel surya di lingkungan masjid Baitul Ummah. Untuk mengurangi beban tagihan listrik PLN, maka lampu penerangan ini bersumber dari energi surya dan beroperasi secara otomatis dalam menyalakan atau memadamkan lampu. Kemudian diharapkan masyarakat dan pengelola dapat berupaya untuk melakukan pemasangan lampu tersebut secara mandiri.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN JAWABAN

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments