Jumat, Oktober 11, 2024
BerandaPengabdian MasyarakatDIGITALISASI DAN REPOSITORI DOKUMEN PADA DESA KARANGDUREN KEC.PAKISAJI, KAB.MALANG UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN...

DIGITALISASI DAN REPOSITORI DOKUMEN PADA DESA KARANGDUREN KEC.PAKISAJI, KAB.MALANG UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN MASYARAKAT

MALANG – Pada pemerintah desa administrasi merupakan layanan utama dan berhubungan langsung dengan kebutuhan masyarakat. Administrasi pemerintah desa merupakan kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai aktivitas pemerintah desa dalam kaitannya dengan tugas dan wewenang, yaitu menyelenggarakan urusan urusan pemerintahan desa. Dalam menyelenggarakan urusan-urusan desa, pemerintah desa berkewajiban melakukan berbagai pencatatan data dan informasi pada buku-buku register/model sesuai dengan urusan dan kepentingannya. Administrasi desa Karangduren Kab. Malang saat ini masih berbasis dokumen cetak, sehingga setiap tahun permasalahan yang sering di hadapi adalah tempat penyimpanan dan pencarian dokumen jika di perlukan.  Saat ini penyimpanan dokumen masih menggunakan lemari berkas, sehingga belum ada salinan  dokumen jika di perlukan dalam bentuk digital.

Mengetahui hal tersebut, pada tanggal 7 Agustus 2023 Tim dari PPM Politeknik Negeri Malang dengan ketua Yuri Ariyanto dengan anggota Yoppy Yunhasnawa,  Yan Watequlis Syaifudin, Toga Aldila Cinderatama, Atiqah Nurul Asri dan  Mungki Astiningrum beserta mahasiswa JTI Polinema membantu dengan dilaksanakan kegiatan PPM (Pengabdian Pada Masyarakat), berupa “Penerapan Digitalisasi Dan Repositori Dokumen Untuk Meningkatkan Pelayanan Pemerintah  Desa Karangduren Kec.Pakisaji, Kab.Malang”. Melalui Kegiatan PPM ini dilakukan untuk membantu menyelesaikan permasalahan  tentang digitalisasi dan repositori dokumen. Dengan melakukan digitalisasi dan repositori dokumen, diharapkan dapat memudahkan penyimpanan dan pencarian data jika diperlukan. Proses digitalisasi ini akan memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen yang diperlukan, dimana sekarang banyak aplikasi yang ada di pemerintah desa menggunakan sistem informasi.

Hasil dari kegiatan PPM ini akan menghasilkan digitalisasi dan sistem repositori dokumen, dengan melibatkan semua anggota tim PPM untuk penerapannya. Mahasiswa dilibatkan pada kegiatan survei untuk analisa kebutuhan sistem dan penerapan digitalisasi dan repositori dokumen pada pemerintah desa Karangduren Kab. Malang dan pembuatan modul pemakaian sistem repositori. Kegiatan PPM sesuai dengan Renstra dan Fokus PPM Politeknik Negeri Malang 2021-2025, tentang Revitalisasi infrastruktur sosial dan pariwisata. Kegiatan PPM ini dengan Program pengembangan desa mitra, meliputi Penguatan melalui aplikasi sains dan teknologi, model kebijakan, serta rekayasa sosial berbasis riset.

#Tim PPM JTI Polinema 2023.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN JAWABAN

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments