Jumat, Oktober 11, 2024
BerandaPenelitianRiset Daun Pulai Sebagai Bahan Alami Desinfektan Pada Fasilitas Publik

Riset Daun Pulai Sebagai Bahan Alami Desinfektan Pada Fasilitas Publik

Di masa pandemi Covid-19, desinfektan merupakan suatu kebutuhan. Menyemprotkan desinfektan pada benda yang paling sering disentuh dan digunakan banyak orang seperti gagang pintu dan keran air di toilet umum sangat penting untuk mengurangi risiko penularan virus. Tim mahasiswa POLINEMA, melalui Program Kreativitas Mahasiswa, melakukan riset tentang efektifitas desinfektan alami dari daun pulai (Alstonia scholaris) untuk toilet umum.

Tim yang dibimbing oleh Ade Sonya Suryandari, S.T., M.T., M.Sc. ini terdiri dari Poppy Puspa Maya, Fania Ayu Rahmadhani, dan Anisa Rahma Dewi  dari Prodi D-IV Teknologi Kimia Industri. Penelitian dilakukan di Laboratorium Kimia Dasar POLINEMA dan Laboratorium Mikrobiologi SMK Negeri 1 Pasuruan pada bulan Juni – Agustus 2021.

“Penggunaan bahan kimia sintetis pada desinfektan tidak aman dan menyisakan residu perusak lingkungan. Untuk itu, perlu digantikan dengan bahan alami, diantaranya daun pulai,” ujar Ketua Tim, Poppy Puspa Maya.

Penelitian ini dimulai dengan melakukan ekstraksi maserasi daun pulai dan distilasi untuk memperoleh ekstrak murni daun pulai. Kemudian dilakukan uji skrining fitokimia  sebagai analisis kualitatif . Ekstrak murni daun pulai dibuat larutan dengan berbagai variasi konsentrasi.

“Setelah itu dilakukan pembiakan bakteri yang diperoleh dari sampling  toilet umum SPBU pada media Lactose Broth yang diberi cakram disk paper dan diinjeksikan dengan ekstrak daun pulai. Selanjutnya dihitung zona hambat bakterinya untuk megetahui keefektifan ekstrak daun pulai,” jelas Fania.

Ade Sonya Suryandari, S.T., M.T., M.Sc. berharap program PKM-RE ini dapat berlanjut khususnya analisa kandungan daun pulai secara kuantitatif dan produksi desinfektan alami dalam jumlah besar.

“Tidak menutup kemungkinan produk riset semacam ini berpotensi untuk memiliki nilai komersial. Penggunaan produk riset ini, kami upayakan untuk digunakan di Jurusan Teknik Kimia dan diharapkan dapat digunakan di lingkungan kampus POLINEMA. Riset ini dapat menjadi produk unggulan karya mahasiswa POLINEMA,” kata Anisa.

Melalui riset ini diharapkan masyarakat dapat lebih mempertimbangkan menggunakan desinfektan alami dari daun pulai dibandingkan desinfektan sintensis yang mengandung bahan kimia berbahaya. (Hum/YHS)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN JAWABAN

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments